Take a fresh look at your lifestyle.

Berbagai Jenis Beasiswa Dalam Negeri untuk S2

0

Berbagai Jenis Beasiswa Dalam Negeri untuk S2

Berbagai Jenis Beasiswa Dalam Negeri untuk S2 – Ada cukup banyak peminat beasiswa kuliah S2 di Indonesia, terutama beasiswa untuk kampus-kampus besar di Indonesia, seperti UI, ITB, UGM, dan IPB. Karena pencari beasiswa selalu banyak setiap tahunnya, maka semakin banyak juga pihak yang menyediakan beasiswa untuk kuliah S2 di dalam negeri. Berikut beasiswa dalam negeri untuk jenjang S2 yang bisa kamu coba.

Beasiswa Kominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan beasiswa untuk mahasiswa yang mau melanjutkan pendidikannya ke S2. Penerima beasiswa nantinya akan memperoleh uang sebesar Rp1.500.000 untuk biaya hidup setiap bulannya. Tentu saja biaya pendidikan juga ditanggung oleh Kominfo. Kalau kamu sudah bekerja, pastikan kamu sudah memperoleh rekomendasi dari atasanmu sebelum mendaftar beasiswa.

Beasiswa LPDP

Beasiswa yang disediakan oleh LPDP merupakan salah satu beasiswa yang populer di kalangan pemburu beasiswa S2. Ada beberapa program yang tersedia dalam beasiswa LPDP, yakni beasiswa umum, targeted group, dan afirmasi.

Cakupan beasiswa dari LPDP juga sangat lengkap, yakni biaya kuliah, biaya hidup, biaya penelitian, biaya transportasi, asuransi kesehatan, hingga tunjangan keluarga untuk yang sudah berkeluarga.

Beasiswa S2 Bidikmisi

Bukan hanya tersedia untuk jenjang S1, saat ini beasiswa Bidikmisi juga sudah tersedia untuk jenjang S2. Kalau pada saat kuliah S1 kamu sudah pernah mendapatkan beasiswa bidikmisi, kamu bisa kembali mendaftar beasiswa bidikmisi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Beasiswa S2 Bidikmisi memungkinkanmu untuk mendaftar di kampus dalam negeri dan di luar negeri. Kalau kamu ingin mendaftar, kamu bisa mendaftarnya di laman LPDP. Beasiswa Bidikmisi S2 membantu dana kuliah sepenuhnya, jadi kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya kuliah lagi.

Beasiswa Dexa Award

Beasiswa Dexa Award membuka peluang kepada lulusan S1 dari semua jurusan yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2. Akan tetapi, beasiswa ini mensyaratkan calon penerima untuk menyiapkan proposal riset S2 yang memiliki keterkaitan dengan kesehatan manusia. Biasanya kampus yang dipilih untuk program beasiswa ini adalah kampus akreditasi A. Selain memperoleh bantuan dana perkuliahan, penerima beasiswa memiliki kesempatan berkarier di Dexa Group.

Beasiswa SEARCA

Sesuai dengan namanya, beasiswa SEARCA ditujukan untuk calon dosen dan peneliti, terutama mahasiswa yang lulus dari UGM dan IPB. Beasiswa SEARCA terbuka untuk jurusan ilmu sosial, kehutanan, statistik, ilmu lingkungan, biologi, dan perikanan. Di Indonesia sendiri saat ini baru UGM dan IPB yang rutin menyediakan beasiswa SEARCA untuk calon dosen dan peneliti.

Beasiswa BUDI

Beasiswa BUDI juga salah satu beasiswa dalam negeri yang ditujukan untuk calon dosen. Kalau kamu mendaftar untuk kampus yang ada di Indonesia, kodenya adalah BPP-DN saat pendaftaran. Tapi kalau kamu ingin mendaftar beasiswa untuk kampus luar negeri, kodenya adalah BPP-LN saat pendaftaran. Beasiswa ini sebenarnya masih termasuk salah satu program dari LPDP, sehingga ketika dinyatakan lolos, biaya pendidikanmu akan ditanggung oleh LPDP.

Beasiswa Jabar Future Leaders (JFL)

Sesuai dengan namanya, beasiswa dalam negeri ini ditujukan khusus untuk mahasiswa yang mempunyai KTP Jawa Barat atau merupakan warga Jawa Barat. Beasiswa terbuka untuk calon mahasiswa S1 dan juga mahasiswa aktif dari berbagai jenjang.

Itulah beasiswa dalam negeri untuk menempuh perkuliahan S2 di Indonesia yang bisa kamu coba. Kalau kamu berminat untuk mencoba salah satunya, jangan lupa untuk mengunjungi situs resminya untuk memperoleh informasi yang valid. Selamat mencoba.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.