Take a fresh look at your lifestyle.

Daftar Perguruan Tinggi BUMN yang Membuka Beasiswa Kuliah

0

Daftar Perguruan Tinggi BUMN yang Membuka Beasiswa Kuliah

Selain beasiswa perguruan tinggi negeri atau PTN, kamu juga bisa mencoba mendaftar beasiswa kuliah ke perguruan tinggi milik BUMN. Pada tahun ajaran baru 2021/2022, Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (Aperti BUMN) kembali membuka program beasiswa kuliah untuk kamu yang berasal dari SMA/SMK atau sederajat di seluruh Indonesia melalui Beasiswa Aperti BUMN 2021.

Beasiswa kuliah ini terbuka untuk lulusan SMA/SMK tahun 2020 atau tahun 2021. Kamu bisa mendaftar beasiswa tersebut untuk jenjang S1/Diploma, pada salah satu di antara sembilan perguruan tinggi yang berada di bawah naungan APERTI BUMN.

Aperti BUMN merupakan perkumpulan berbagai perguruan tinggi yang berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara. Aperti BUMN menjadi wadah bagi seluruh perguruan tinggi yang menjadi anggotanya untuk bekerja sama dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Adapun 9 perguruan tinggi BUMN yang membuka beasiswa kuliah di tahun 2021 ini adalah sebagai berikut.

Telkom University

Pertama ada Telkom University yang berada di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia. Telkom University berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Kampus ini memiliki 7 fakultas dan 30 program studi.

Universitas Pertamina

Selanjutnya ada Universitas Pertamina yang berada di bawah naungan PT Pertamina. Lokasi Universitas Pertamina berada di Jakarta. Saat ini Universitas Pertamina memiliki 6 fakultas dan 15 program studi.

Institut Teknologi PLN

Berad di bawah naungan PT PLN, lokasi Institut Teknologi PLN ada di Jakarta. Kampus ini saat ini memiliki 7 program studi. Kalau suatu saat nanti kamu ingin bekerja di PLN, mungkin kamu bisa coba mendaftar di kampus ini.

Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute)

Sesuai dengan namanya, BRI Institute ada di bawah naungan PT Bank Rakyat Indonesia. Kampusnya berlokasi di Jakarta. Saat ini BRI Institute memiliki 6 program studi.

Politeknik Pos Indonesia

Berada di bawah naungan PT Pos Indonesia, Politeknik Pos Indonesia berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Kampus ini sekarang memiliki 4 program studi untuk jenjang D4 dan 5 program studi untuk jenjang D3.

Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)

Universitas Internasional Semen Indonesia ada di bawah naungan PT Semen Indonesia. Kampusnya berlokasi di Gresik. UISI saat ini sudah membuka perkuliahan untuk 3 Fakultas dan 10 program studi.

Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (Stimlog)

Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia juga ada di bawah naungan PT Pos Indonesia. Kampusnya berlokasi di Bandung dan saat ini baru membuka 2 program studi.

IT Telkom Surabaya

Selain Telkom University, ada juga Institut Teknologi Telkom Surabaya yang ada di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia. Kampusnya berlokasi di Surabaya dan mempunyai 7 program studi.

IT Telkom Purwokerto

Selanjutnya ada Institut Teknologi Telkom Surabaya yang juga di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia. Lokasinya ada di Purwokerto dan mempunyai 11 program studi.

Ketika kamu berhasil menjadi penerima beasiswa kuliah kampus BUMN di atas, kamu akan memperoleh bantuan dana pendidikan 100 persen selama menjalankan studi di perguruan tinggi yang dipilih.

Beasiswa APERTI BUMN di tahun 2021 diberikan kepada 40 mahasiswa baru yang terpilih. Proses seleksi beasiswa meliputi seleksi akademik dan wawancara yang dilakukan secara daring.

Persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa APERTI BUMN adalah sebagai berikut.

  1. Siswa SMA/SMK/MA yang lulus pada tahun 2020 dan 2021.
  2. Melampirkan nilai rapor dari semester 1-5.
  3. Melampirkan sertifikat prestasi, jika ada.

Setelah persyaratan terkumpul, kamu bisa mengunggah berkas tersebut pada website resmi perguruan tinggi yang dipilih.

Peserta hanya boleh memilih satu perguruan tinggi tujuan. Terkait dengan informasi resmi seputar syarat, cakupan, dan pendaftaran bisa kamu cek melalui website Beasiswa Aperti BUMN. Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.