Take a fresh look at your lifestyle.

Lembaga Penyedia Beasiswa S2 Untukmu yang Mau Lanjut Kuliah

0

Lembaga Penyedia Beasiswa S2 Untukmu yang Mau Lanjut Kuliah

Lembaga Penyedia Beasiswa S2 Untukmu yang Mau Lanjut Kuliah – Biaya seringkali menjadi kendala untuk orang-orang yang mau melanjutkan pendidikan magister, baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk mengatasi masalah ini, sekarang banyak lembaga yang menyediakan beasiswa S2 di dalam dan di luar negeri. Kalau kamu ingin mengetahui lembaga apa saja yang menyediakan beasiswa S2, baca ulasan ini sampai selesai ya.

Lembaga Penyedia Beasiswa S2

Sebelum mendaftar beasiswa S2, tentu kamu perlu mengetahui dulu lembaga yang menyediakan beasiswa S2. Dengan demikian, pencarianmu juga bisa menjadi lebih mudah karena langsung tertuju spesifik pada lembaga tersebut.

LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Lembaga satu ini tentu tidak asing untuk para pemburu beasiswa S2 maupun S3. LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan RI ini sudah menerima hingga 24.936 penerima per Januari 2020.

Salah satu program unggulan yang dimiliki LPDP adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang banyak diminati oleh mereka yang ingin melanjutkan kuliah S2 di dalam atau luar negeri. Selain biaya pendidikan, penerima beasiswa juga akan memperoleh biaya pendukung lain, meliputi biaya transportasi, asuransi kesehatan dasar visa, keadaan darurat, biaya kedatangan, dan biaya hidup bulanan.

Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi)

Dikti yang berada di bawah naungan Kemendikbud juga mengadakan program beasiswa S2, yaitu Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Program ini dibuat sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah lulusan doktor di Indonesia, sehingga memenuhi kualifikasi pendidikan dosen minimal S2. Namun sebelum mendaftar, kamu perlu mencari tahu profil dosen calon promotor dan menyesuaikan tawaran penelitian dari dosen tersebut dengan bidangmu.

AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation)

Kalau kamu mau berkuliah di Amerika Serikat melalui beasiswa, kamu bisa mencoba beasiswa dari AMINEF ini. Salah satu program unggulannya adalah beasiswa Fulbright Master’s Degree Program. Lembaga ini juga menyediakan beasiswa untuk jenjang yang lebih tinggi, yaitu Fulbright Doctoral Degree Scholarship dan Fulbright Senior Research Scholarship.

Uni Eropa

Uni Eropa juga memberikan beasiswa S2 untuk mahasiswa dari berbagai negara yang ingin berkuliah di Eropa melalui program Erasmus Mundus. Penerima beasiswa akan menerima dana bantuan sebesar 24.000 Euro per mahasiswa untuk pendidikan 1 tahun. Sedangkan untuk jangka waktu dua tahun, dana beasiswa yang diperoleh sebesar 48.000 Euro. Dana tersebut mencakup biaya pendidikan, biaya perjalanan, tunjangan bulanan, dan akomodasi.

Chevening

University of Cambridge dan University of Oxford yang berada di Inggris mungkin tidak asing lagi untukmu, mengingat keduanya masuk dalam jajaran universitas terbaik di dunia. Kalau kamu ingin berkuliah di sana dengan beasiswa, kamu bisa mencoba beasiswa S2 Chevening yang berasal dari pemerintah Inggris yang didanai Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan organisasi yang sudah menjadi mitranya.

Pemerintah Australia

Pemerintah Australia juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa mancanegara yang ingin melanjutkan S2 di Australia melalui Australian Awards. Terdapat tiga jenis beasiswa yang diberikan, yaitu beasiswa yang hanya menanggung uang kuliah, beasiswa yang hanya menanggung biaya hidup dan tempat tinggal, dan beasiswa yang menanggung pendidikan maupun biaya hidup.

Ada juga program Endeavour Postgraduate Scholarships yang ditujukan untuk orang-orang yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang master atau PhD di Australia. Beasiswa tersebut diberikan maksimal 2 tahun dan 4 tahun.

Selain berbagai lembaga di atas, ada lembaga lain yang juga menyediakan beasiswa S2, di antaranya Pemerintah Belanda melalui Nuffic Neso, Pemerintah Prancis melalui Eiffel Excellence Scholarship Programme, dan DAAD yang mengurus kerja sama di bidang akademik antara Jerman dengan berbagai negara di dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.