Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Memperoleh Surat Rekomendasi Beasiswa

0

Tips Memperoleh Surat Rekomendasi Beasiswa

Tips Memperoleh Surat Rekomendasi Beasiswa – Dalam pendaftaran beasiswa, institusi atau pemerintah biasanya mensyaratkan dokumen surat rekomendasi sebagai salah satu dokumen pendukung pendaftaran beasiswa. Surat rekomendasi ini diberikan oleh seorang tokoh dan secara umum menggambarkan dirimu, kualifikasi yang dimiliki, dan penilaian dari pemberi referensi terhadap potensimu secara objektif. Penggunaan surat rekomendasi ini tergantung dengan tujuannya.

Cara memperoleh surat rekomendasi beasiswa

Sebelum membahas mengenai cara memperoleh surat rekomendasi beasiswa, mari ketahui dulu jenis-jenis surat rekomendasi.

  1. Employment Recommendation

Employment recommendation diberikan oleh atasan atau supervisor yang melakukan penilaian atas kinerjamu di perusahaan atau institusi tempatmu bekerja. Sesuai dengan namanya, employment recommendation diberikan kepada orang-orang yang sudah bekerja.

  1. Academic Recommendation

Pemberian academic recommendation dilakukan oleh guru atau dosen yang menjadi penilai kemampuan akademis dan/atau non-akademismu selama kegiatan perkuliahan di perguruan tinggi atau institusi yang setingkat.

Biasanya surat rekomendasi ini tidak hanya berisi tentang kemampuan akademismu, tetapi juga untuk aktivitas non-akademik, misalnya kegiatan organisasi, keikutsertaan dalam program kewirausahaan, dan hal lainnya yang mendukung penilaianmu dalam surat rekomendasi itu.

  1. Character Reference

Character reference diberikan oleh tokoh masyarakat, kerabat, atau teman yang memiliki hubungan personal terhadapmu. Surat rekomendasi ini juga bisa kamu gunakan untuk melamar beasiswa.

Karena surat rekomendasi terbilang surat pribadi antara pemberi referensi dengan penyedia beasiswa, biasanya penyedia beasiswa meminta surat rekomendasi dikirimkan dalam amplop tertutup dengan tanda tangan pemberi referensi. Akan tetapi, ada juga penyedia beasiswa yang lebih fleksibel dan tidak keberatan jika beasiswa itu diberikan melalui email. Hal ini tentu akan memudahkanmu, terlebih kalau pemberi rekomendasi tengah berada di luar negeri.

Sebelum mengajukan permintaan surat rekomendasi, kamu tentu perlu menyiapkan apapun yang dibutuhkan seefektif mungkin. Tentukan siapa yang paling tepat untuk memberikan rekomendasi tersebut. Untuk memilih siapa orang yang akan kamu mintai surat rekomendasi, kamu bisa mempertimbangkan hal-hal berikut.

  • Pemberi referensi harus bisa menuliskan surat rekomendasi tentangmu dengan
  • Pemberi referensi berpengalaman menuliskan surat rekomendasi
  • Pemberi referensi mengetahui pekerjaan yang kamu lakukan.
  • Pemberi referensi mengenalmu secara personal sehingga bisa menuliskan attitude-mu dalam surat tersebut.
  • Pemberi referensi memiliki jabatan strategis yang relevan dengan jurusan yang kamu pilih.

Semakin tinggi jabatan orang yang dimintai rekomendasi, nilai surat rekomendasi itu semakin baik. Kalau kamu sudah bekerja, kamu bisa coba meminta ke atasan tertinggi di perusahaan tersebut. Kalau kamu masih kuliah, tidak ada salahnya untuk meminta dari profesor di perguruan tinggi tempatmu belajar.

Tips Penting Saat Meminta Surat Rekomendasi Beasiswa

Karena posisi surat rekomendasi beasiswa sangat penting, maka kamu perlu menyiapkan dokumen ini sebaik mungkin. Berikut tips yang bisa kamu lakukan saat meminta surat rekomendasi beasiswa.

  1. Memberikan perkenalan dengan menyampaikan nama, jurusan yang diambil, angkatan tahun berapa, dan deskripsi penting lainnya.
  2. Menyiapkan CV, ijazah, transkrip nilai, dan abstrak skripsi atau tesismu.
  3. Menyampaikan penjelasan sebaik mungkin kenapa kamu memerlukan surat rekomendasi itu. Kamu bisa membuat pointer mengenai alasanmu membutuhkan surat rekomendasi itu, jika diperlukan.
  4. Memastikan kamu menguasai ilmu dari bidang studi yang kamu ambil sebelumnya dan bidang studi pilihanmu. Bisa saja dosen akan mengetes kemampuanmu terlebih dahulu menuliskan surat rekomendasinya.
  5. Kalau dosen terlihat sibuk, kamu bisa mencoba mengajukan konsep surat rekomendasi yang kamu buat, sehingga dosen tinggal mengecek dan

Tidak terlalu sulit bukan meminta surat rekomendasi beasiswa? Hal yang paling penting adalah siapkan keberanian untuk menguraikan keperluanmu ketika meminta surat rekomendasi tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.